Social Icons

Pages

Kamis, 21 Februari 2013

lingkungan sehat


LINGKUNGAN SEHAT
Lingkungan hidup merupakan faktor utama dalam kelangsungan hidup manusia. Pengelolaan lingkungan hidup atau sumber daya alam yang tepat akan mampu memberikan manfaat bagi hidup manusia itu sendiri. Sebaliknya, eksploitasi yang berlebihan terhadap lingkungan hidup dapat mendatangkan bencana bagi umat manusia itu sendiri.
Pemanasan global (global warming) yang tidak dapat dipisahkan dari kasus illegal logging, menjadi isu terhangat belakangan ini, adalah tidak lain menggambarkan bahwa kondisi bumi saat ini memerlukan perhatian yang lebih serius dari negara-negara maju dan berkembang termasuk Indonesia. Selain itu, abrasi di bibir pantai dikarenakan hilangannya pohon mangrove yang menjadi pemecah gelombang air laut, sehingga air pasang langsung menuju kedaratan. Akibatnya, pengikisan tanah oleh air laut menjadi ancaman yang cukup serius terhadap lingkungan di bibir pantai.
Salah satu upaya yang biasa dilakukan adalah meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya lingkungan hidup serta meningkatkan penegakan hukum di bidang lingkungan hidup. Program penanaman sejuta pohon yang dilakukan oleh pemerintah bisa galakan kembali untuk mengatasi berbagai tekanan terhadap sektor ekologis, termasuk kekhawatiran akibat kerusakan lingkungan dan ekosistem akan mendatangkan bencana yang merugikan masyarakat, baik secara moril maupun materil.
Beberapa kegiatan yang dilakukan untuk mewujudkan kesehatan lingkungan yang bisa pula mendongkrak pertumbuhan kesejahteraan masyarakat dikarenakan sehatnya lingkungan diantaranya yaitu :
1. Penanaman Pohon
2. Pengelolaan Sampah
3. Penyehatan Daerah Aliran Sungai ( DAS )
Penanaman pohon bertujuan untuk mengantisipasi masalah banjir dan tanah longsor, akibat gersangnya lahan, Meminimalkan dampak pemanasan global, mencegah punahnya flora dan fauna sehingga menciptakan lingkungan hidup yang lestari. Selain itu, mengembalikan lagi bersihnya udara yang dihirup oleh tubuh yang berdampak langsung bagi kesehatan tubuh manusia.
Sampah dapat membawa dampak yang buruk pada kondisi kesehatan manusia. Bila sampah dibuang sembarangan atau ditumpuk tanpa ada pengelolaan yang baik, maka akan menimbulkan berbagai dampak kesehatan yang serius. Tumpukan sampah rumah tangga yang dibiarkan begitu saja akan mendatangkan tikus got dan serangga (lalat, kecoa, lipas, kutu, dan lain-lain) yang membawa kuman penyakit. Selain itu pengelolaan sampah yang tidak baik juga akan menghasilkan gas-gas yang dapat memperparah pemanasan global, misalnya gas metan. Oleh karena itu, perlu adanya upaya pengelolan sampah yang baik dan benar.
Bibir pantai sebagai muara dari aliran sungai yang merupakan kesatuan ekosistem yang utuh dari hulu sampai hilir terdiri dari unsur-unsur utama manusia, flora, fauna, tanah, air dan udara, memiliki fungsi penting dalam mendukung pembangunan ekonomi yang berkelanjutan. Namun demikian kondisi pantai utara di Kabupaten Subang dewasa ini, semakin memprihatinkan yang ditandai dengan kejadian rob di daerah sekitar pantai yang hampir terjadi setiap bulan pada akhirnya mengkibatkan terganggunya perekonomian dan tata kehidupan masyarakat.
Salah satu contoh akibat dari tidak sehatnya lingkungan adalah banjir musiman di wilayah kecamatan Pamanukan ketika musim penghujan tiba, ini dikarenakan debit air di wilayah subang tengah dan pegungan tidak terserap dulu oleh tanah dan pepohonan sehingga air hujan yang turun langsung mengalir ke wilayah hilir. Banjir rob di Kecamatan legon kulon desa Legon wetan Kabupaten Subang, yang setiap bulannya selalu merasakan naiknya air laut kepermukiman warga mengakibatkan usaha dibidang perikanan mereka selalu merugi karena sulit mengontrol air yang masuk ke sekitar tambak dan tidak bisa diprediksi karena tnaman mangrove yang menjadi pemecah ombak kini sudah rata dengan tanah.
Salah satu tugas dari tenaga kesehatan lingkungan adalah melakukan pengelolaan sampah dan penyehatan kembali bibir pantai. Langkah awal untuk menyukseskan proyek tersebut adalah dengan menanamkan kesadaran dan memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan lingkungan hidup.
Sebagai salah satu bentuk upaya untuk menanamkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kesehatan lingkungan hidup agar hidup sehat dan sejahtera dimulai dengan pemahaman dan pengetahuan oleh masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan demi kelangsungan hidup manusia.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Sample text

Sample Text